Cara Menarik, Membatalkan dan Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim


Mengirim atau menerima pesan menjadi hal yang sangat penting saat ini. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, orang-orang dapat dengan mudah dan cepat menerima dan mengirimkan informasi kepada orang lain. Tapi apa jadinya bila kita mengirimkan pesan kepada orang yang salah? disinilah kita akan bahas tentang Cara Menarik, Membatalkan dan Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim.

Kali ini itulah tujuan saya. Seperti yang kita ketahui, kesalahan dalam mengirimkan pesan kepada orang lain sudah menjadi hal yang biasa. Kesalahan dalam hal ini biasanya sebagian besar disebabkan oleh faktor eksternal seperti Human Error, tapi tidak menutup kemungkinan kesalahan ini bisa juga disebabkan oleh faktor internal seperti misalnya perangkat yang melambat dan menyebabkan lag.

Ketika kita salah mengirimkan pesan kepada orang lain, kita mungkin merasa sedikit canggung apalagi jika di dalam pesan yang kita kirimkan terdapat informasi pribadi yang seharusnya orang tersebut tidak boleh mengetahuinya. Dan timbullah keinginan untuk menghapus atau menarik kembali pesan yang telah salah dikirimkan itu. Dalam aplikasi WhatsApp Messenger, hal itu tidaklah lagi menjadi hal yang mustahil. Dalam fitur terbarunya, kita bisa menghapus pesan yang kita kirim kepada orang lain.

Sebenarnya menghapus pesan itu sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengklik dan tahan sebentar pesan yang ingin di hapus, kemudian pilih hapus atau delete. Tapi saya tahu bukan itu maksudnya. Yang kita maksud adalah agar pesan itu terhapus dan tidak dibaca oleh orang tersebut. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik dan tahan pesan yang ingin di hapus


Cara Menarik, Membatalkan dan Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim





2. Kemudian pilih ikon yang berbentuk tong sampah atau hapus.

Cara Menarik, Membatalkan dan Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim


3. Inilah yang membedakan hal ini, disini akan muncul tiga pilihan yang pertama. Hapus untuk saya, ini hanya akan menghapus pesan yang ada pada kita. Batal, untuk membatalkan penghapusan pesan. Dan Hapus untuk semua orang, yang berfungsi untuk menghapus pesan yang ada pada kita, maupun pada orang yang di kirimkan pesan tersebut. Untuk kali ini kita pilih 'Hapus untuk semua orang'


Cara Menarik, Membatalkan dan Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim


Untuk bisa melakukan hal ini, kita perlu memperbarui versi WhatsApp kita ke versi yang paling baru. Setelah melakukan langkah di atas, kita bisa merasa lega karena orang tersebut tidak bisa membaca pesan yang kita kirimkan. Tetapi tetap saja itu akan menimbulkan pertanyaan dari orang tersebut yang membuat kita merasa canggung untuk menjawabnya karena mereka tetap akan menerima notif yang bertuliskan nama kita tapi dengan isi yang berbeda yaitu 'pesan ini telah ditarik kembali'. Mereka akan berpikir, untuk apa mengirimkan pesan tapi pesan itu di hapus kembali. Kita hanya harus memberikan alasan yang logis kepadanya.

Perlu diketahui untuk melakukan hal ini, kita hanya memiliki waktu tujuh menit sebelum akhirnya pesan itu benar-benar tidak dapat ditarik kembali. Semua ini akan percuma apabila si penerima telah membaca pesan yang akan kita tarik, karena meskipun pesan itu sudah tidak ada, mereka tetap tahu apa isi pesannya karena telah membacanya sebelumnya. Jadi usahakan untuk menghapusnya sebelum si penerima membaca pesan tersebut.

Fitur ini tidak hanya berlaku untuk pesan, tetapi juga gambar, video, dokumen maupun GIF. Dan bisa digunakan pada IOS maupun Android.


Cukup sampai disini pembahasan kali ini. Usahakan untuk berhati-hati lain kali jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama apalagi sampai kepada orang yang sama. Lebih baik jika kita lebih teliti lagi dalam segala hal.

1 comments: