Awal kemunculan Situs Twitter


Twitter di launching pada Juli 2006, Twitter adalah sejenis applikasi layanan jejaring sosial dan microblogging untuk berkomunikasi dengan pesan pesan singkat, bertukar informasi, atau sekedar memberitakan apa yang sedang dilakukan. Twitter merupakan situs jejaring sosial yang memperolehkan penggunanya untuk membaca dan menulis perkembangan terbaru ( Update ) yang dikenal sebagai  "tweets" atau "bercicit".

Sistem situs ini berbasis pesan pendek yang ditampilkan pada propil pengguna dan dikirim kepada pengguna lain yang telah masuk ke dalam daftar pertemanan atau disebut juga "Followers" atau pengikut.


Situs jejaring sosial Twitter tumbuh pesat, setelah para selebritis dunia beramai ramai mengunakannya untuk berinteraksi dengan para fans. Kesuksesan situs twitter tak lepas dari pengaruh para selebritis dunia kenamaan, misalnya Ashton Kutcher, Oprah Winfrey, hingga presiden Amerika Serikat Barack Obama sekalipun.


Sebuah penelitian yang dilakukan pada November 2008 menyebutkan bahwa Twitter mempunyai 4-5 juta pengguna. Itulah yang membuat Twitter ada pada peringkat ketiga di jajaran situs jejaring sosial terpopular setelah Facebook dan MySpace.


Melalui Twitter kita dapat mengirimkan informasi secara singkat, maximal 140 karakter. ada istilah follower dan following di twitter. Follower adalah orang orang yang mengikuti/ bisa membaca informasi yan kita sampaikan, sementara Following artinya kita mengikuti seseorang untuk bisa membaca informasi yang orang tersebut sampaikan.

Format jawaban pendek yang disebut dengan Tweet itu menunjukan karakteristik layanan yang diberikan oleh Twitter, yang merupakan keunggulannya dibandingkan situs jejaring yang lain. Twitter memudahkan disampaikannya informasi singkat dan padat tanpa harus repot mengirim SMS atau e-mail. Keunggulan lainnya adalah kita bisa berbagi informasi dengan orang lain di luar kontak HP atau e-mail kita.


Menggunakan layanan twitter pun tampaknya jauh lebih mudah daripada layanan jejaring pertemanan lain, kita bisa mengirimkan pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui aplikasi situs twitter  secara langsung, sms, atau aplikasi twitter lain seperti Twirl, Snitter dan twitterfox yan merupakan aplikasi tambahan untuk browser firefox.


Aplikasi Sosial Massaging


Twitter adalah sebuah Sosial Massaging, dengan adanya kemampuan untuk menikuti account orang lain ( following ) ataupun mempunyai pengikut ( follower ), maka twitter telah menjadi semacam sosial massaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita ikuti.


Twitter juga termasuk media penyebaran berita paling efektif dan cepat. Kalau anda mem-follow orang-orang terkenal atau sebuah stasiun televisi, misal CNN, maka anda pun akan menerima berita terkini dengan cepat dari mereka.













0 comments:

Post a Comment